Sejarah Awal Penggunaan Terminologi Geomorfologi

Kata Geomorfologi pertama kali ditemukan pada literatur berbahasa Jerman 1858. Kemudian terminologi ini dotemukan pula pada tahun 1866 pada tulisan Emmanuel de Magerie dengan kata “la geomorphologie”. Terminologi Geomorphology dalam bahasa Inggris baru digunakan pertama kali tahun 1888. Terminologi ini kemudian digunakan secara resmi pada the Internasional Geological Congress pada tahun 1891 oleh McGee dan Paul.

Terminologi Geomorfologi mulai digunakan secara luas oleh USGS setelah tahun 1890an dan diterima secara umum sejak dilakukan kuliah umun Mackilder di Ipwoch, Inggris pada tahun 1895 ketika dia menyebutkan dalam papernya:

“what we now call Geomorphology, the causal description of earth’s present relief or the half artistic, half genetic consideration of the form of the litosphere.”

Tahun 1985 the international geographical congress di London memiliki sebuah sesi dengan judul Geomorphology dan di dalamnya A Penk mempresentasikan papernya dengan menggunakan terminologi “Geomorphology”.

Meskipun pada akhir abad 19 Geomorfologi baru dapat didefinisikan, subjek studinya telah sejak awal telah dikenali, dan secara signifikan Geomorfologi memberikan pengaruh pembangunan keilmuan khususnya terkait dengan stratigrafi dan uniformitarianisme dalam geologi dan evolusi dalam bidang biologi di waktu tersebut. Keilmuan Geomorfologi selain banyak berkwmbang dari kajian Geologi, sumbangsih ahli ahli Geografi juga banyak memberikan warna tersendiri, seperti temuan W. M. Davis tentang siklus erosi, siklus glasial, membangun konsep stadium dalam Geomorfologi yang terdiri atas youth, maturity dan old age, serta mengusulkan bahwa fungsi bentanglahan terdiri dari struktur, proses dan stadium/waktu. Ide yang atraktif ini mendominasu kajian Geomorfologibdi setengah awal abad 20, dan kemudian menginspirasi kajian Geomorfologi di masa berikutnya.

Disarikan dari: Gregory, K.J. dan Goudie, A. 2011. Introduction to The Discipline of Geomorphology.

[Ahmad Cahyadi]

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*