Ilmu Menjadikan Penglihatan tak Sekedar apa yang Nampak di Mata

Joseph Barrel dalam buku Geomorphology edisi ke tujuh yang ditulis oleh C.A. Cotton mengungkapkan nasehat demikian:

Bentanglahan yang mengalir dari waktu geologi dapat disamakan dengan panorama pada kinetoscope. Adegan berubah dari zaman ke zaman, dari dominasi proses satu ke proses yang lain. Laut, dataran dan pegunungan saling mengikuti dan saling mengganti satu sama lain melalui waktu tertentu, karenanya mestinya para traveller melihat mereka saling menggantikan dalam ruang dan waktu. Tetapi nyatanya tidak demikian.

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa gunung adalah bentuk sementara, tetapi suatu waktu ada mata manusia melalui semua hidupnya melihat tanpa ada perubahan padanya, dan alasannya adalah bahwa manusia tak melawati waktu dengan durasi yang panjang, sehingga seringkali tak sempat mencatatkan pergeseran atau bahkan sekilas gambar yang membuatnya nampak seperti gambar bergerak (film).

Maka berbahagialah kita yang diberi ilmu, karena pandangan kita bisa jadi lebih luas dari pandangan yang kita lihat. Bisa melihat berjuta-juta tahun pemandangan yang tak nampak pada mata… Dan semoga ia memberikan kemanfaatan bagi kita di sini, di dunia di mana gunung adalah sementara… Dan bermanfaat bagi alam setelahnya yang tiada akhir…

————————————————————————
Kinetoscope adalah alat temuan thomas alfa edison yang merupakan alat pengambil gambar gerak pertama. Generasi paling awal dari alat untuk membuat film.

[Ahmad Cahyadi]

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.