Berdampingan Hidup dengan Gejolak Planet Bumi Tercinta

Letusan gunungapi dan gempabumi yang membentuk ancaman tektonik selalu hadir dalam kehidupan kita di Bumi. Ia adalah pengingat bahwa dalam interior planet kita terdapat energi yang sangat besar. Bumi adalah sebuah mesin panas yang sangat kuat yang disebabkan adanya pemecahan unsur radioaktif, yang pada gilirannya akan mendorong proses geologi yang bergesekan dengan kehidupan kita. Planet kita senantiasa bergejolak baik di bawah dan atau di permukaannya, tidak ada yang pernah stabil dan kadang sulit untuk memperkirakan kapan terjadi gejolak, sebesar apa, selama apa dan akan berdampak seperti apa.

Kerak Bumi merupakan bagian dari Bumi yang terluar dan bersifat kaku. Padanya memungkinkan terjadi retakan, patahan, saling bertumbukan dan bergesekan, sehingga memunculkan gempabumi dan sebagiannya mengeluarkan magma yang panas yang kemudian kita kenal sebagai gunungapi. Batas-batas antar lempengan kerak Bumi tersebut memiliki batas yang nampak sebagai rangkaian pegunungan, palung yang dalam, dan celah yang besar dan memanjang sepanjang pertemuan lempeng.

Apa yang terjadi di bagian permukaan Bumi, menunjukkan betapa di bagian bawah Bumi gejolak dengan tenaga yang luar biasa masih terjadi. Ia yang menjaga aliran bahan-bahan yang kita butuhkan dalam jumlah yang cukup, bukan dibutuhkan dalam jumlah yang terlalu banyak. Ia yang menjaga adanya proses pembaruan mineral dan batuan, sehingga daratan tetap kaya akan unsur dan elemen yang kita butuhkan. Ia juga menjadi pengingat bahwa kita bukan siapa-siapa di dunia yang akan hilang ini.

Disarikan dari McGuire, B. 2002. Raging Planet

[Ahmad Cahyadi]

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.